Alumni ITB di Eropa

>> Thursday, April 15, 2010

From: Teuku Reiza Yuanda
To: ITB Alumna in Europe
Cc: Ikatan Alumni ITB ; IA ITB Jakarta ; IA ITB Aceh ; Keluarga Mahasiswa ITB ; IATGF ITB ; ITB 2000 ; Terra ITB ; Yul Nazaruddin
Sent: Thursday, April 15, 2010 7:57 PM
Subject: [IA-ITB] Alumni ITB di Eropa...



Dear all,

Untuk teman2 alumni yang sedang bekerja, belajar, riset ataupun aktivitas lainnya di Eropa, mohon berkenan bergabung ke grup Alumni ITB di Eropa di Facebook. Silahkan disebar2kan ke khlayak ramai,, hehehe..
http://www.facebook.com/group.php?gid=115294055163830

Alumni ITB di Eropa mempunyai mailing list yang dapat dipergunakan untuk bertukarinformasi, terutama peluang Ph.D. position.
http://groups.yahoo.com/group/alumni-itb-in-europe/

** untuk grup sementara masih tertutup dan memerlukan persetujuan admin untuk bergabung, namun ke depan nanti akan dibuka untuk umum. Sedangkan mailing list memang terbatas hanya untuk yang berada di eropa, dan akan tetap begitu walau ada pro dan kontra yang terjadi **

Pada medio tahun 2007, beberapa rekan dari berbagai negara di eropa pernah melakukan pembahasan selama 3 bulan mengenai perlu tidaknya paguyuban ini diformalkan menjadi sebuah Ikatan Alumni komisariat yang menginduk pada IA ITB pusat, atau dibiarkan berdiri independen dalam bentuk forum biasa. Namun pembahasan tersebut tidak mampu menghasilkan konsensus, karena kesibukan peserta pembahasan saat itu. Pada tahun 2008, ada usulan mengadakan pertemuan di salah satu negara eropa (yang masuk wilayah Schengen Zone) untuk melakukan pembahasan, namun kembali terhalang karena sebagian inisiator menyelesaikan studinya.

Ide kembali timbul dari Atdiknas KBRI Berlin untuk mengumpulkan sebagian perwakilan negara bulan Agustus 2010 di Berlin. Hal ini sudah disosialisasikan secara terbatas, dan mendapat respon baik. Namun kemungkinan besar, akan bertabrakan dengan persiapan pelaksanaan Renewable Energy Conference RENEWS Berlin 2010 (www.renews2010.de). Semoga dalam beberapa waktu mendatang, pembahasan (yang harus diakui cukup menyita waktu akhir pekan dan melelahkan mental), dapat diinisiasi kembali.

Hal ini diperlukan, karena beberapa tahun belakangan antusiasme alumni untuk bekerja dan melanjutkan studi di Eropa cukup tinggi. Hal ini secara positif dapat dimanfaatkan dengan mencoba memberikan kontribusi kecil untuk adik2 kita mahasiswa ITB atau alumni muda yang ingin melanjutkan studi di Eropa, selain tentunya untuk mengembangkan networking dan optimalisasi diri. Pendataan yang dilakukan di milis dan ekspektasi umum, menyebutkan saat ini terdapat sekitar 200-250 an orang alumni yang berada dan aktif di Eropa. Sebuah potensi yang besar, andai dapat dikelola dengan baik dan semuanya dapat berpartisipasi.

Untuk Tuhan, bangsa dan almamater.

Salam,

:: ipon ::
___________________
Teuku Reiza Yuanda
http://www.linkedin.com/in/teukureiza

0 komentar:

Penggemar Blog IA-ITB :

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP