Netbook Murah untuk Guru & Pendidikan Indonesia

>> Saturday, May 30, 2009


Sent: Sunday, May 31, 2009 5:19 AM
Subject: Re: [IA-ITB] Jumat Promosi : Netbook Murah

At 5/29/09, rulanrulan wrote:
"Ceritanya netbook asus eeepc 701 ini sebenarnya udah discontinue[d] ...."

Beli produk yang sudah discontinued itu sangat tidak dianjurkan [kecuali harganya rendah sekali, hampir gratisan]. Pertama: support, accessories, spareparts menjadi sulit dicari atau mahal (karena tidak lagi dibuat dalam jumlah banyak .. economics of scale).

Kedua: Asus eeepc 701 ($225), dengan specs yang disebutkan dibawah sama sekali tidak merupakan "bargain" ... karena model yang lebih advanced untuk sub-$300 tidak berbeda terlalu banyak. Pada waktu dipeluarkan memang "hot" tetapi model 701 ini terlalu kecil untuk pemakaian yang agak serius. Keyboard-nya terlalu kecil untuk ukuran tangan orang dewasa, padahal hampir seluruh user input dilakukan melalui keyboard -- this keyboard is a torture.

Kebetulan kemarin si Jeff, salah satu staff di media-lab, pamer mainannya yang baru [Jeff is a big hunk but loves small, tiny gadgets], Asus eeePC 1000HA ... $299, free shipping! http://www.buydig.com/shop/product.aspx?sku=AS1000HAWHI024X . Kalau dibandingkan "side-by-side"dengan eeePC 701, perbedaan hardware sangat menyolok ... yang kulihat pertama adalah keyboardnya, wow ... it's not bad at all [as a bonus, you also have MS Windows XP Home, Windows Live Messenger and Works preinstalled]:

eeePC 1000HA eeePC 701
Price $299 $225
CPU: 1.6 GHz Intel Atom Celeron ULV 900MHz
LCD 10" (1024x600) 7" (800x480)
Memory 1GB DDR2 512MB
Storage 160GB HD 4GB SSD
Battery 6 cells (7 hrs) 4 cells (3.5 hrs)
Camera 1.3 Megapixel 0.3 Megapixel

Disini aku selalu bilang, memperkenalkan komputer pada "pendatang baru" itu tidak boleh sembarangan. Orang baru harus diperkenalkan dengan komputer yang paling bagus, paling cool, paling cantik [that money can buy]. Kalau dikasih yang "second rate" (kelas kambing), terlalu kecil, butut, banyak limitasi (misalkan storage yang 4GB itu, tidak banyak yang bisa disimpan disini, bandingkan dengan 160Gbm, 40 kalinya!), maka efeknya bisa malah sebaliknya, si pendatang baru ini jadi "turned off" ["Komputer sialan .. bikin pusing kepala .. "]

PS: Bukan maksudku untuk "merusak" penawaran sesama alumni, tetapi dalam urusan "komputer untuk guru" ini aku lebih berpihak pada guru [dan tentu saja pertama-tama merujuk pada fakta]. Dimataku, guru (paling tidak disini) adalah kelompok manusia yang paling "nice" di dunia, karena itu dalam urusan teknologi mereka berhak mendapatkan yang terbaik, terutama karena merekalah yang menentukan kualitas pendidikan generasi berikutnya, anak-anak kita [dan ... teman-temanku di Internet yang 'orang baek-baek' kebanyakan adalah para guru :-].

Tabik,
Moko/
=======


0 komentar:

Penggemar Blog IA-ITB :

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP