Pencapaian

>> Wednesday, October 20, 2010

Sent: Thursday, October 21, 2010 6:04 AM
Subject: [EL-ITB] Pencapaian

Pencapaian

Ketika melewati perjumpaan dengan teman lama
Baru kusadari sudah berapa jauh hitungan waktu usia yang sudah ku tempuh
Terasa seperti kemarin saja saat kunikmati masa-masa itu
Masa yang penuh kenekatan dan tanpa perhitungan
Masa dimana penuh ambisi dan keinginan
Masa dimana hanya langitlah sebagai batas atas

Ketika kutengok banyak teman seperjalanan semasa mengkaji ilmu
Banyak sudah yang mendapatkan pencapaian
Pencapaian pada kondisi tersejahtera
Pencapaian pada posisi atas
Pencapaian pada tempat terhormat
Pencapaian pada karya terbaik

Namun tidak sedikit pula yang masih terseok-seok
Masih berkutat pada perjuangannya
Masih bergelut pada pertarungannya
Masih berbenturan pada halangan-halangannya

Lalu kutanyakan pada diri ku
Di manakah posisi ku
Apakah aku sudah pada pencapaian yang menjadi keinginanku sejak dulu
Ataukah aku masih pada perjalanan panjang yang tiada henti
Ataukah aku masih di sini-sini saja
Yang pasti, jelaslah aku belum seperti yang sudah pada kondisi tersejahtera
Yang pasti, jelaslah aku belum seperti yang sudah pada posisi atas
Yang pasti, jelaslah aku belum seperti yang sudah pada tempat terhormat
Yang pasti, jelaslah aku belum seperti yang sudah menghasilkan karya terbaik
Lalu, masih berapa lamakah jatah sisa umurku
Apakah masih ada cukup waktu untuk mengejar itu semua
Apakah masih ada daya yang cukup untuk bisa sampai ke sana
Apakah memang masih layak untuk dikejar dengan segala keterbatasan yang ada
Apakah memang pantas mempertaruhkan sisa usia untuk itu semua
Apakah memang untuk itu aku diciptakan di dunia ini
Entahlah,
seringkali aku menjadi lalai menentukan apa-apa yang penting dalam hidup ini
seringkali aku menjadi lalai untuk memahami apa-apa yang bermakna
seringkali aku menjadi lalai untuk mempersiapkan hal penting yang penuh makna
Lalu, apakah hal penting itu
Seorang sahabat menasehatiku
Kalau kau ingin tahu apa hal penting itu
Rasakanlah saat kau berada di "dead-bed"
Saat-saat kau tergolek lemah di atas pembaringan
Saat-saat tiadanya lagi harapan untuk bisa kembali sehat
Ya.. saat-saat sekarat menjelang ajalmu
Saat itu akan keluar semua penyesalan
Penyesalan akan sesuatu yang lalai dikerjakan
Penyesalan akan sesuatu yang sering dilupakan
Penyesalan akan sesuatu yang sering ditinggalkan
Penyesalan akan sesuatu yang sering diremehkan
Ya, mereka adalah hutang-hutang yang dilupakan
Ya, mereka adalah amanah-amanah yang dilalaikan
Ya, mereka adalah sahabat yang lupa disambangi
Ya, mereka adalah keluarga yang lupa untuk dirawat dan disayangi
Ya, mereka adalah orang-orang yang menunggu untuk diulurkan tangan
Ya, demi mengejar hal-hal yang teratas, tersejahtera, terhormat, terbaik
Justru hal-hal penting yang dipertaruhkan
Sungguh tidak sebanding besarannya
Ya, ternyata, hal terpenting adalah bukan pada akumulasi akan sesuatu
Hal terpenting adalah pada penyaluran sesuatu
Mungkin inilah yang dinamakan sebagai amal
Wallahu 'alam bi shawab
Melbourne, 15 Oktober 2010

0 komentar:

Penggemar Blog IA-ITB :

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP