Library of Congress

>> Wednesday, April 22, 2009

Library of Congress
oleh: Dr. Armein Z R Langi


Konon suasana politik Indonesia memanas. Karena orang berebut ingin menjadi anggota DPR dan nanti presiden. Saya kagum dengan keyakinan mereka bahwa mereka memiliki kemampuan memimpin 230 juta rakyat Indonesia. Sambil bertanya-tanya, mengapa orang Amerika bisa punya presiden seperti Lincoln, Roosevelt, dan Obama. Menurut saya rahasianya ada di Library of Congress, perpustakaan DPR AS.


Di tahun 1800, Presiden John Adams memerintahkan pendirian perpustakaan ini. Tahun 1802 Presiden Thomas Jefferson menyusun struktur perpustakaan. Ia bahkan menjual koleksi buku-bukunya sebagai koleksi awal dari perpustakaan ini. Hari ini Library of Congress memiliki 32 juta publikasi, dan terbesar di dunia.

Yang paling menarik adalah tujuan John Adams. Library of Congress dimaksudkan untuk membantu anggota DPR melakukan riset dan menjalankan tugasnya menyusun undang-undang. Bayangkan! Perpustakaan terbesar di dunia ini didirikan supaya para anggota DPR bisa melakukan riset dan menghasilkan produk hukum yang hebat-hebat.

Dan itulah yang membuat orang-orang hebat seperti Lincoln, Roosevelt, dan Obama itu bisa muncul.

Mereka menjadi sangat cerdas, karena bisa mengakses puluhan juta dokumen. Karya otak orang. Sejarah. Ide. Referensi.

Lincoln selalu mempelajari dokumen dalam library ini. Ia khusus mempelajari manuskrip Declaration of Independence. Semua pemikirannya diturunkan dari dokumen-dokumen bersejarah itu.

Obama banyak menyerap tulisan-tulisan dari presiden sebelumnya. Ia khusus menyukai biografi tentang Lincoln. Dan ia memodelkan inner-working pemerintahannya dengan model Lincoln, misalnya dalam membentuk the team of rivals.

Politisi lawan Obama sangat terkesiap melihatnya. Mereka memujinya sebagai politisi yang sangat berbakat, sangat berpengetahuan, sangat berkemampuan. Padahal dia masih hijau. Dia masih kurang berpengalaman. Usia masih muda.

Dari mana dia memperoleh semua itu?

Menurut saya jelas: dengan menyerap ilmu yang ada di dalam Library of Congress. Dengan menghayati tulisan-tulisan yang ada di sana. Dengan berempati pada presiden-presiden pendahulunya melalui biografi tentang mereka.

Jadi bagaimana Obama bisa mengalahkan politisi berpengalaman sekelas Hillary Clinton dan John McCain? Dengan menyerap kemampuan pendahulunya melalui buku Library of Congress. Bagaimana anak muda Obama bisa memecahkan masalah yang berat-berat saat ini? Ya itu dengan melakukan riset di Library of Congress, mencari situasi yang serupa di masa lalu, dan mempelajari bagaimana presiden-presiden saat itu bertindak.

Kembali ke caleg-caleg dan capres-capres kita. Bagaimana nanti mereka akan memimpin bangsa ini. ? Apa sumber kekuatan mereka? Apa sumber inspirasi mereka? Dari mana pengetahuan mereka?

Kita tidak punya Perpustakaan DPR. Perpustakaan Nasional kita tidak berfungsi. Arsip Nasional kurang diminati. Nasib perpustakaan di mana-mana, termasuk di universitas, cukup menyedihkan.

Berarti pemimpin kita itu nanti akan penuh improvisasi. Sekenanya. Comon senses saja. Trial and error and error and error.

Bangsa Amerika sudah mulai mendidirkan perpustakaan nasionalnya di tahun 1800. Meskipun kita sudah tertinggal 209 tahun, kita wajib memulainya. Kita harus memiliki pusat dari semua buku dan tulisan elektronik yang pernah dibuat di Indonesia dan tentu di luar negeri.

Dan perpustakaan ini dimaksudkan terutama bagi mereka yang menjadi pemimpin di negeri ini. Untuk para caleg dan capres. Seperti the Library of Congress itu.


sumber:
http://azrl.wordpress.com/2009/04/19/library-of-congress/

0 komentar:

Penggemar Blog IA-ITB :

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP