Re: Apa yang menarik di Vietnam ?

>> Monday, February 9, 2009

From: nugroho_putra_susanto@bat.com
To: IA-ITB@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, February 10, 2009 8:45 AM
Subject: Re: [IA-ITB] Re: Apa yang menarik di Vietnam ?



Dear Pak Erik & rekan,

Selamat pagi dan salam kenal.

Saya pernah berkunjung ke HCMC 3 kali dalam 2 tahun terakhir.

Kalau boleh sharing, menurut saya HCMC itu kota yg eksotis (sebenarnya tidak menggambarkan Vietnam secara keseluruhan).
Bagian dari propinsi Saigon, yg terletak di sebelah timur bagian Selatan benua asia (dengan bentuk geografis menyerupai huruf S), terkenal karena sisa-sisa perang US-Vietnam.

Bila kita ke HCMC melalui udara, kita akan melalui bandara Tan Son Nhat (kalau ndak salah). Seperti bandara di Indonesia, maka begitu tiba, kita segera akan dirubung oleh supir yg menawarkan jasa taksi atau ojeg. Di HCMC, USD bisa digunakan untuk berbelanja atau alat pembayaran. jadi ndak heran, untuk turis asing, mereka akan pasang harga dengan USD.

Keluar dari Bandara, kita akan disambut oleh pemandangan unik, menurut saya hampir 99% pengguna jalan adalah sepeda motor. Ya, bahkan sulit sekali untuk orang yg baru ke Vitenam untuk menyebrang jalan. Semuanya penuh sesak dengan motor.
Kata orang, kita tinggal nyebrang saja, semua motor akan menyesuaikan, jangan berhenti di tengah-tengah bila tidak ingin ada kecelakaan. Dan ajaibnya hal itu benar lho.... Saya bisa nyebrang jalan dengan selamat (berani menyebrang jalan di HCMC adalah modal pertama)... =)

Pusat kota HCMC adalah wilayah yg aman. Banyak turis berjalan-jalan di kota baik berkelompok ataupun sendirian. Polisi banyak dan tersebar.
HCMC merupakan salah satu kota dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di Asia. Pastinya revenue HCMC dari tourism sangat tinggi. Apalagi, banyak sekali industri2 yg memindahkan pabriknya ke Vietnam atau membuka usaha baru di Vietnam. Sungguh kemajuan yg luar biasa.

Hotel banyak & mudah di HCMC, saya sempat stay di Caravelle, hotel yg bagus dan "bersih". Terlepas dari "bisik-bisik" orang ttg kehidupan malam di HCMC, kota ini adalah benar2 kota Asia dan sangat kental dengan budaya perpaduan antara budaya dataran China dan Asia tenggara.

Siang hari, kita bisa berbelanja di pasar Bentang (sangat dekat, walking distance) dari Caravelle hotel. Pasar tersebut adalah pasar tradisional. Menjual souvenir Vietnam (relatively cheap things) dan bahan masakan. Mulai dari baju, cendera mata, hingga daging mentah.
Salah satu cendera mata yg banyak dicari adalah kaos (T-Shirt) warna merah dengan gambar bintang kuning ditengah2nya (lambang bendera Vietnam).
Atau baju tradisional Vietnam untuk wanita.

Pada malam hari, kita bisa menikmati sea food yg enak dan masakan tradisional Vietnam tepat di sebelah pasar Bentang tersebut. Wah, nikmat... ngga kalah dengan sea food kita. =) Harganya ndak moderate lah.

Untuk lebih memahami dan empati terhadap perang Vietnam, kita bisa mengunjungi Cu Chi tunnel, tempat di mana orang2 Vietkong berlindung di lubang2 untuk menghindari dan menjebak tentara Amerika. Bayangkan lubang tersebut hanya sebesar pinggang orang2 Vietnam (yg mayoritas lebih kecil dari pinggang kita), jadi bagaimana mungkin tentara Amerika (yg besar2 itu) bisa masuk ke lubang persembunyian tersebut.

Demikian dulu deh... Selamat jalan2 ke HCMC, Pak.
Oh ya, saran nih, sebaiknya jangan memberikan sepatu kita bila ada yg menawarkan jasa penyemiran sepatu. Banyak yg mengatakan, bahwa mereka akan membawa lari sepatu kita.


With Kind Regards,
Nugroho Putra Susanto (o'o)
EL95

0 komentar:

Penggemar Blog IA-ITB :

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP